WPE Indoshipping

Update February 2013:
Mengingat saya telah menghentikan development plugin versi PRO, maka saya ada kabar baru di versi yang Free :) ini.

Saat ini hanya ada satu versi, yaitu Free (versi 2.0.0) dan Open Source, dimana saya buat berbasiskan versi yang PRO, artinya penggunaan dan fitur hampir sama dengan versi yang PRO hanya saja saya menghilangkan fitur JNE/POS tracking dan form konfirmasi pembayarannya. Karena saya ingin development lebih mudah karena hanya fokus pada kompatibilias, tanpa harus memikirkan fitur-fitur tambahan lainya.

Untuk cara penggunaan dan instalasi, silahkan merujuk ke halaman versi PRO nya.

Jadi, semoga berguna buat yang memerlukan.

Setelah adanya beberapa permintaan dari teman-teman supaya plugin WP-JNE Shipping bisa diintegrasikan dengan WP E-commerce, akhirnya malam ini versi pertama dari plugin ini selesai juga. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik.

Plugin ini saya namakan WPE-Indoshipping, yang artinya WP E-commerce yang terintegrasi dengan system penentuan tarif kirim lokal indonesia seperti JNE atau TIKI.

Karena system penentuan tarifnya berdasarkan tujuan pengiriman, Saya berusaha buat plugin ini supaya digunakan sefleksibel mungkin jadi tidak hanya untuk JNE saja, tetapi bisa dipakai untuk semua jenis pengiriman di Indonesia yang tarifnya berdasarkan tujuan pengiriman.

Satu lagi hal penting adalah, ini merupakan sebuah plugin, bukan merupakan modul langsung dari WP E-commerce, yang artinya instalasinya seperti instalasi plugin biasa, tinggal upload dan aktifkan. Kelebihan dari cara ini adalah, ketika nanti anda kita melakukkan update/upgrade plugin WP E-commerce nya, maka plugin ini akan tetap berdiri di tempatnya.

Baiklah cukup sudah ocehannya, sekarang langsung saja kita ke menu utamanya.

INSTALASI

Buat anda yang ingin menginstall plugin ini di toko online anda, silahkan bisa langsung install dari WordPress.org ya, saat ini plugin ini sudah resmi dan di approved untuk di hosting di WordPress.org. berikut linknya :

http://wordpress.org/extend/plugins/wpe-indoshipping/

  1. Pastikan anda sudah memiliki plugin WP E-commerce terinstall di WordPress anda.
  2. Upload file plugin wpe-indoshipping.zip melalui plugin installer di admin WP anda.
  3. Atifkan plugin ini.
  4. Masuk ke bagian settings wp e-commerce –> Shipping.
  5. Centang plugin ini, dan update. Ini untuk memberitahu WP E-commerce supaya system shipping kita dikenali.
  6. Untuk mengganti nama Shipping sesuai dengan jasa pengiriman yang anda gunakan, tinggal klik menu Edit, dan ganti Shipping Name.

BACKEND SCREEN SHOT

MODIFIKASI HARGA

  • Untuk merubah harga, bisa dirubah dulu di komputer lokal dengan mengedit harga di file daerah.db.php, atau bisa juga langsung secara online melalui plugin editor (menu Plugin -> Editor)

Saya belum sempat mencoba plugin ini di beberapa theme yang berbeda, namun mudah-mudahan bisa tampil dengan baik.

Komentar dan masukkan sangat diharapkan, supaya plugin ini menjadi semakin baik dan berguna buat yang membutuhkan.

Download

[button link="http://wordpress.org/extend/plugins/wpe-indoshipping/" type="big" color="green" newwindow="yes"] Download wpe-indoshipping 2.5.0[/button]

Apabila ada pertanyaan, atau laporan bug, yaang tidak terdapat di FAQ, silahkan komen di bawah ya. semakin rame semakin semangat dan seru!!!.

Updated 19 Agustus 2012: Versi 1.4.0 telah dirilis sekarang sudah bisa dipergunakan bersamaan dengan metode shipping lainnya.

Updated 9 Agustus 2011 : Versi sekarang yang saya release adalah versi 1.3.1, tanpa load ongkir yang panjang lagi, menggunakan 2 dinamic dropdown yang simple untuk memilih provinsi dan kota.

Updated 7 May 2011 : Versi sekarang yang saya release adalah versi 1.2+ yang full kompatibel dengan versi Wp E-commerce 3.8+(terbaru).

Untuk memastikan plugin ini dapat bekerja dengan baik, diharapkan semua modul shipping lain di non-aktifkan, jadi satu-satunya modul shipping yang aktif adalah modul shipping ini.

PERHATIAN : Versi 1.3.0 ini hanya diperuntukkan untuk WP E-COMMERCE 3.8+, untuk versi dibawah itu saya sudah tidak release lagi, jadi bagi yang ingin menambahkan shipping Indonesia di toko online nya, silahkan upgrade wp e-commerce nya ke versi terbaru(v 3.8+).

220 thoughts on “WPE Indoshipping

  1. Pingback: Plugin Shipping Lokal Indonesia untuk WP E-Commerce | WordPress development blog

  2. @Maulana
    Setahu saya Shopperpress adalah commercial theme, jadi satu satunya cara supaya bisa mencoba mengintegrasikannya ya harus beli theme nya dulu dong.. :-)

    Kecuali mas Maulana mau meminjamkan sebentar theme yg mas punya, baru bisa… he2

  3. mas..
    ko berat dari barang ga ngaruh ya?
    saya coba beli barang sendiri 1000 biji masing2 beratnya 1kg.. nah ko ongkirnya segitu2 aja ya?
    bukannya shipping biasanya ngitung berat?

    tapi thx pluginsnya cukup berguna.

    • @assm thanks atas masukkannya, karena memang plugin ini bener2 hanya integrasi sederhana dari plugin saya sebelumnya “WP-JNE shipping”.

      Pluginnya akan segera di update untuk memenuhi kriteria tersebut, jadi tongkrongin terus ya…

      thanks

    • @Haryo, kalau mas download plugin versi yang sekarang masih belum sepenuhnya disebut plugin shipping mas :-), karena masih ada sedikit yg terlewat yaitu fitur menghitung ongkir otomatis berdasarkan berat produk. Jadi sekarang meskipun produk mas seberat 10Kg, shipping mas masih dianggap 1Kg. he2..

      Tapi segera akan diupdate mas, sekarang dalam proses.. jadi ditunggu aja versi berikutnya. besok atau lusa mudah2an udah bisa saya release lg..

      • Oke mas:). Kenapa tidak dibuat yang versi berbayar juga mas? toh ini plugin banyak yg memerlukan juga.he2. Oiya mas, setelah diinstal, apakah perlu dicentang opsi”Use Shipping” di tab General Setting ya? soalnya waktu saya tes checkout, opsi shippingnya tdk ada. pdhl sudah saya centang di opsi “External Shipping Calculators” nya?mhn bantuannya mas. Makasih

        • Iya mas haryo,

          1. Untuk versi ini saya memang kembangkan di WP 3.0.1 dan WP e-commerce 3.7.8, kemungkinan saja tidak compatible dengan versi terbaru. tapi di release berikutnya akan saya test terlebih dahulu di versi WP dan WP e-commerce terbaru. Maaf atas ketidak nyamanannya :-)
          2. Untuk sekarang, plugin ini hanya bisa digunakan secara tunggal, maksudnya saat menggunakan plugin ini diharapkan tidak mengaktifkan shipping method yg lain. Mudah-mudahan nanti bisa multi shipping. Karena plugin ini masih sangat awal sekali development nya. dan Use shipping memang harus dicentang.
          3. Iya saya juga nanti ada rencana untuk release plugin berbayarnya, rencananya untuk plugin yg premium semua data biaya ongkir tersimpan di database dan ditambahakan fitur yang lain yang berguna, trutama buat pemilik toko online berbasis WP ini.
  4. @GPM, apakah di bagian shipping setting, pada bagian paling atas terdapat pilihan “use shipping”, apakah sudah dipilih Yes mas?

    Kalau boleh tau versi wp ecommerce mas berapa?

    • @GPM, seperti yang saya update plugin hari ini, hanya masih bisa bekerja dengan baik pada wp-e-commerce v3.7.8. sedangkan sekarang versi sudah mencapai v3.8.2 dan yang lebih mengejutkan lagi buat saya adalah terjadi perubahan struktur database dari wp e-commerce itu sendiri yang besar-besaran dilakukkan.

      Sayapun telah mencoba di versi terbaru, dan memang belum bisa bekerja. saya masih research apakah metode menambah shipping module baru masih sama seperti dulu atau ada perubahan.

      Jadi sementara itu, bagi pengguna wp e-commerce terbaru, harap bersabar sampai saya atau ada orang lain yang bisa mengintergrasikan shipping jenis ini di wp e-commerce. Saya harap tidak akan lama untuk merelease plugin yang kompatibel dengan versi terbaru. terima kasih

  5. ralat mas, setelah saya mengubah pilihan menjadi yes jadi oke. solusi terpecahkan. di web saya uda oke kok. tinggal edit tarif per kota aja.

  6. @GPM, selamat ya :-).

    O iya, biar lebih rapi silahkan tambahkan code ini di css nya mas.. dijamin lebih rapi dikit

    /*—– Start Css —-*/
    table.productcart{
    width:100%;
    }
    table.productcart td{
    padding:8px;;
    color:#555;
    text-align:left;
    }
    td.shipping_header{
    padding-left:10px;
    border-bottom:1px solid #ddd;
    }
    td.shipping_header select{
    background:#fff;
    border:1px solid #ccc;
    }
    table.productcart td.wpsc_shipping_quote_name label{
    padding-left:5px;
    }
    table.productcart td.wpsc_shipping_quote_price{
    padding-left:10px;
    text-align:left;
    }
    /*— End Css –*/

  7. Mas kok di wp ku gak muncul ya default porvince ? Aku pake wordpress 3.1.1 dan e-commerce 3.8.1. kira2 kenapa ya mas ?

    • Untuk versi ini, fitur default province sudah saya hilangkan mas, karena sepertinya tidak begitu diperlukan. Apakah kira-kira diperlukan? perlukah saya enable kembali?

      Untuk detail pembelian akan saya cek terlebih dahulu, pasti akan diinfo kembali disini.

  8. Oh iya mas 1 lagi, kok di detail pembelian di “Akun Anda” shipping masing2abarang yang dibeli 0 mas ?? Padahal di total pembelian ada nilainya..

  9. Mas bisa gak dimodif untuk shoopperpress, karena saya juga menggunakan shopperpress versi berbayar tapi tidak ada module shipping seperti TIKI atau JNE

  10. wah saya ketinggalan nih updatenya ..

    mau coba tapi komputer di rumah lagi bermasalah :’(
    ini di komputer kantor, ga bisa download ..
    aduh sedihnya.

  11. Hi all… versi 1.2 sudah saya release, check yo.. versi ini sudah compatible dengan wp ecommerce ver. 3.8+, untuk yang masih memakai versi dibawah ver.3.8, maaf ya sudah tidak didevelop lagi.. thanks

    O iya, sebentar lagi plugin ini akan saya upload ke wordpress.org, jadi nanti bisa install langsung dari sana.

  12. @EKO, ShopperPress adalah theme premium, jadi saya tidak bisa melakukkan testing/mencoba melakukkan integrasi tanpa saya memiliki theme tersebut, apakah bisa saya pinjem copy-an nya? :-) untuk integrasi shipping Indoensia bisa saya coba…

  13. Wah mantap mas eka, nanti saya coba.
    Moga2 bisa cocok sm themes e-commerce Emporium dari templatic yang skrg ane pake. Mumpung belum launching nih. Btw itu pluggin-nya ga bisa sekalian update kalo ada perubahan tarif dari JNE gt misalnya, he he he…sorry ngarep mode on

  14. @Whataw,

    Lapor balik gan, setelah ane ngobrol2 barusan dengan si Emporium, dia bilang bukan berbasis WP E-commerce, emporium adalah theme berbasis eShop plugin. Jadi bisa sangat dipastikan ndak jalan gan..

    sorry gan, silahkan dicek lagi, plugin ini hanya untuk toko online berbasis wp e-commerce ver.3.8+ :-)

  15. Ow…begitu ya mas Eka, ic ic….
    Sorry Mas, mau nanya, kira2 themes e-commerce yg seperti apa yg cocok sm pluggin buatan mas eka?
    Soalnya saya mau rencana make themes premium lagi buat 1 toko online ku. Nah pluggin nya mas eka kan ajib nih, sayang kalo ga kepake, he he he…
    BTW kapan nih diupload ke wordpress.org?

    • @WHATAW,

      Wah.. timing mas pas sekali, saya baru saja habis upload plugin ini ke WordPress.org karena baru tadi sore di approved sm WordPress.

      So ini dia link nya : http://wordpress.org/extend/plugins/wpe-indoshipping/

      Mulai sekarang semua download akan diarahakan ke WordPress.org jadi saya bisa pantau jumlah downloadnya.

      Selain itu, bagi yang ingin menginstall plugin ini, saya harapkan langsung dari WordPress.org ya supaya setiap update terbaru bisa segera mendapatkan informasinya.

      Kalau masalah theme tidak masalah mas mau pake themes apa, asal plugin ecommerce nya adalah WP E-commerce, karena plugin ini hanya bekerja untuk plugin tersebut.

  16. Ya ampun mas eka.Trims banget pluginnya.Saya merasa tertolong sekali.
    Hahahahha…
    Sebelumnya bingung mau nyari plugin khusus untuk shipping cost.
    Sekali lagi terima kasih :)
    Sukses selalu buat mas eka

    • @Fendy, thanks mas. Senang plugin ini bisa berguna.

      Pengen lebih gampang lagi? pake yang versi PRO dijamin lebih mudah make nya, ga perlu edit2 file + tambahan fitur keren.
      He2.. Promosi mode ON :-)

  17. Mas, saya udah donlot, waktu milih daerahnya tak ada wp saya v 3.1, e-commerce 3.8, waktu check out jadi berantakan, mana mana saja yang perlu di oprek ya, tq

    • Bisa kasi Link Webnya mas? biar saya coba cek.. trus jadi berantakan setelah memakai plugin ini atau emang dr sebelumnya mas? :-)

  18. tadi tidak bisa instal wp-ecommerce secara langsung dari dashboard’plugin.akhirnya saya upload dan instal ulang pake filezilla. alamatnya zhoes.co.cc mas
    Masih kosong.Lagi di customise :D

    Update terus ya mas ..hhe

  19. Mas mau tanya.Di web saya zhoes.co.cc sudah terlanjur saya instal bahasa inggris.
    Berhubung ini toko online yang mayoritas saya targetkan ke masyarakat indo,Maka saya ingin mengubahnya keseluruhan web saya ke bahasa indonesia..
    adakah cara praktisnya (tanpa instal ulang) ??

    Mohon bantuannya mas Eka.. :)

  20. Tanya :
    Mas, saya udah donlot, waktu milih daerahnya tak ada wp saya v 3.1, e-commerce 3.8, waktu check out jadi berantakan, mana mana saja yang perlu di oprek ya, tq

    Jawab :
    Bisa kasi Link Webnya mas? biar saya coba cek.. trus jadi berantakan setelah memakai plugin ini atau emang dr sebelumnya mas?
    Jawab : tenangberseri.com

  21. Setelah saya liat web nya, sepertinya mas belum mengisi berat produknya ya? misal : 1 untuk 1 kg atau 0.5 untuk setengah Kg. terus pilih juga satuan berat nya KG, biar itung2 annya bener.

    Nah untuk tampilannya yg berantakan :-), sepertinya bukan bawaan dari plugin saya ini. karena memang theme nya mas (Crafty Cart) kurang cocok untuk Wp e-commerce ver. 3.8, namun akan tampil bagus kalau pakai dibawah versi 3.8.

    Ini karena pihak WP e-commerce telah melakukkan perubahan pada layout Checkout nya, jadi yang tadi nya keliatan pas, setelah ganti pake ver 3.8 langsung break deh..

    jadi saya sarankan, kalo bisa ganti pake theme yang punya ruang content yg lebih lebar biar theme nya ga pecah. Atau kalau mas tetep kekeh :-) mau pake theme ini, coba edit2 css nya biar tampilannya pas mas..

  22. @Tbaja, sepertinya mas pake WP E-commerce versi 3.7.59 ya..

    Theme nya sudah bagus, tapi plugin ini hanya untuk wp e-commerce versi 3.8 mas, sedangkan yang mas pakai adalah wp e-commerce v 3.7.59.

    silahkan di upgrade dahulu ke 3.8 baru bisa dipakai mas.

    • @Tbaja, nah itu dia mas plugin versi terbaru ini hanya untuk wp e-commerce terbaru juga. jadi dipastikan tidak akan bekerja di versi di bawah 3.8.

      untuk itu saya sudah kirimkan plugin versi lama nya kepada mas, silahkan cek emailnya. Namun, plugin ini sudah tidak saya support atau maintenance lagi, saya hanya bisa memberikan pluginnya tanpa support lanjutan.

  23. @Tbaja, silahkan tambahkan Css berikut pada file style.css theme anda, taruh aja paling bawah. Untuk memperbaiki tampilan nya.

    Ingat: pada style.css theme, bukan pada css plugin ini.

    Untuk nilai yang masih Nol, dipastikan anda pasti belum set berat produknya. silahkan diset dulu.

    /*—— START CSS FIX ——*/

    #checkout_page_container{
    width:600px; /*——– Ubah nilai ini, sesuaikan dengan lebar halaman–*/
    }
    /* Resize registration form */
    .wpsc_registration_form{
    width:50%;
    }
    /*fix indoshipping css*/
    table.productcart{
    width:100%;
    }
    table.productcart td{
    padding:8px;;
    color:#555;
    text-align:left;
    }
    td.shipping_header{
    padding-left:10px;
    border-bottom:1px solid #ddd;
    }
    td.shipping_header select{
    background:#fff;
    border:1px solid #ccc;
    }
    table.productcart td.wpsc_shipping_quote_name label{
    padding-left:5px;
    }
    table.productcart td.wpsc_shipping_quote_price{
    padding-left:10px;
    text-align:left;
    }
    /*— End Css –*/

  24. mas eka, harga default di wpe-indoshipping/daerah.db.php itu mengacu dari daera mana ya? .. harga nya kalau dikirim dari Bali kah? ..

    • betul sekali, itu defaultnya dari bali, mas bisa rubah sesuai daerah mas. yang penting hati2 saja biar formatnya tidak brubah.

  25. mas, ini plugin hanya pengiriman OKE saja ya?
    bagaimana caranya kalau mau menambahkan Regulernya ya
    oya yang pemilihan daerahnya apa tidak bisa dirubah menjadi Dropdown, bukan redio Button :D

    • Sebenarnya bisa pake untuk jenis apa aja, tetapi hanya memungkinkan untuk menampilkan 1 jenis saja, jadi kalau mau menampilkan OKE dan Regulernya sekaligus ga bisa.

      Kalau untuk radio Button itu memang standar display shipping wp-ecmmerce emang gt, saya mengikutin standar display nya aja. :-)
      mungkin nanti kalau sempat saya cari cara lain yg lebih praktis untuk displaynya..

  26. Dear Moderator,

    Mohon informasi, saya sudah install plugins WPE Indoshipping-nya, dan sudah saya aktifkan, tetapi di langkah selanjutnya, kok tidak tampil di Setting-WPE Indoshippingnya ya ?

    Mohon Pencerahan, sebelumnya diucapkan terimakasih.

    Salam,

    Joko SP

    • @ Joko SP, kalau boleh tau anda memakai plugin WP E-commerce versi berapa?

      Seharusnya kalau sudah terinstall dan aktiv maka akan tampil di halaman Store -> Shipping, masih memakai nama WPE Indoshipping, tinggal diganti nama nya sesuai pengiriman anda.
      Dan pastikan option Use Shipping telah di centang, dan setiap produk sudah di set berat nya (dalam Kg).

  27. Pak Eka,

    O iya, …… apa karena saya belum install WP E-commerce ya? Jadi saya harus install WP E-commerce dulu ya ?
    saya hanya install WPE Indoshipping 1.2.1.

    Terimakasih pak.

    Salam,

    Joko SP

    • He..he.. Iya mas, harus install wp ecommerce terlebih dahulu pastinya.. install versi yang terbaru (minimal v8+)

  28. pak Eka,

    Saya sdh berhasil Install WP e-commerce dan WPE indoshipping, sampai sdh edit di shipping ke WPE Indoshipping, Sudah juga Add Product, tetapi kenapa ya,…. kalau aku lihat di browser nya, di page product kok dibilang, There are no products in this group. ??

    kenapa ya?

    Salam,

    Joko

  29. Mas, gimana ya caranya biar loading ongkir cepet, pasalnya ketika melakukan checkout musti loading lamaaaa banget semua daerah sampai panjang kebawah (semua daerah), gimana ya supaya hanya loading satu2 kabupaten ketika seleksi doank?

  30. Mas kok wpe-indo shipping versi 1.2.1 nya pas di tampilan daftar ongkir ajaxnya gak ada keterangan berat produk sih mas kayak di produk sebelumnya ? Hmm…kalo bisa diadain lagi mas biar lebih transparan bagi pembeli…hehe Trims banyak

  31. Mas, saya ada usulan nih, gimana kalau konsep wpe-indo sihpping versi free maupun pro langsung ambil data ongkir dari http://www.jne.co.id dengan fetch data. Seperti script ini : http://tikijne-tariff.googlecode.com/files/tikijne_tariff-0.0.2.zip, tapi daerah asal (kolom ‘dari’) bisa di-set static, terus hasil fetch data berupa radio button atau sejenisnya yang bisa dipilih, nanti hasil pilihannya jadi nilai shipping + keterangan alamat tujuan… Jadi lebih simpel gak perlu database ongkir mengingat kalau ada perubahan tarif ongkir sewaktu2 harus di-edit ulang database nya. Makasih mas…semoga saran saya dipertimbangkan…

    • Thanks atas usulnya mas, sepertinya menarik.. saya juga baru tahu JNE punya system seperti itu, sepertinya boleh dicoba. thanks

  32. Kalau ongkir nya 0, kemungkinan terbesar masalahnya adalah mas belum mengisi berat dari tiap-tiap produk. coba dicek sekali lagi apakah berat produk sudah terisi. terus coba lagi :-)

  33. mas, saya punya masalah yang sama dengan agus, kira-kira itu kenapa ya? untuk semua daerah ongkirnya jadi 0 semua nih…
    kenapakah?

    • Kalau ongkir yang masih 0, biasanya dikarenakan berat produk belum di set. karena perhitungannya berdasarkan berat, jadi tolong dicek dulu berat tiap produk dan bisa dicoba kembali.

  34. Saya reply pertanyaan yang sama yg akan juga saya tanyakan:

    Mas, gimana ya caranya biar loading ongkir cepet, pasalnya ketika melakukan checkout musti loading lamaaaa banget semua daerah sampai panjang kebawah (semua daerah), gimana ya supaya hanya loading satu2 kabupaten ketika seleksi doank?

    • @robby : Untuk sekarang metode loading ongkir memang seperti itu, jadi di load semua terlebih dahulu baru kemudian disembunyikan. Kalau untuk yang pro, saya sudah terapkan system loading yg sedikit berbeda, jadi dengan 2 buah dropdown. ketika dropdown provinsi dipilih, maka dropdown ke-2 akan loading kota-nya. dengan begitu tampilan tidak akan perlu panjang kebawah lagi. Namun itu masih di versi yg Pro, saya juga ada rencana terapkan di versi free ini. jadi sabar ya :-)

      Untuk form checkout yg tombolnya hilang, ini kemungkinan theme yg mas gunakan memiliki space/lebar yg kecil, sedangkan halaman checkout Wp e-commerce yg baru (v3.8 +) ini butuh ruang yg cukup lebar. Saya yakin itu bukannya tombolnya tidak muncul, tetapi tersembunyi. Coba mas kasi link web nya, coba saya cek.

  35. Mas,sedikit tanya setting wp-ecommerce.
    Kenapa setelah form checkout tidak ada tombol untuk klik ke form tampilan berikutnya?
    Tks

  36. Halo semua nya, akhirnya setelah beberapa pengguna yang mengeluh akan lamanya loading ongkir/daftar yg panjang, malam ini saya release versi 1.3.0.

    Sudah tidak ada load panjang lagi, lebih hemat space layar, menggunakan 2 buah dropdown untuk pemilihan provinsi dan kota. cekidot :-)

  37. Terima kasih atas release versi 1.3.0.
    Ini sangat membantu sekali.
    Iya pak masalah tombol di form checkout yang tidak muncul itu di karenakan theme yg digunakan spacenya kurang,jadi tidak kelihatan.
    Sukses selalu buat bapak.
    Thanks,two thumb for you.

  38. Terimakasih seklai buat plugin nya
    Saya baru mencoba WP e-commerce dan plugin ini sangat membantu.
    Kalo semisal saya ingin memberikan 2 pilihan pengiriman : JNE dan Pos
    apa itu dimungkinkan?
    Atau memang hanya disediakan pilihan untuk 1 pengiriman saja?
    Cuma penasaran saja, hehe.
    Sekali lagi salut buat saudara

  39. saya mau sedikit info versi yang 1.3.0
    Sewaktu checkout muncul 2 dropdown pilihan untuk pilih propinsi dan kota tujuan,tapi kenapa saya lihat ongkos kirimnya dibawah (total shippingnya sudah ada nilai),padahal belum dipilih propinsi dan kotanya.
    bukan seharusnya kosong(nol)dulu.
    Apa seperti itu sistemnya.
    Mohon info?
    Satu lagi di wp-ecommerce,bagaimana mengubah IDR jadi RP.
    Tks

  40. Satu lagi Pak Eka,
    Di Dropdown pilihan kota seharusnya di paling atas tertulis pilih kota,sebelum kita pilih kota tujuan ,seperti didropdown pilihan propinsi di pilihan atas default (pilih propinsi tujuan pengiriman),baru pilih propinsinya.Kalau didropdown pilih kota tidak seperti pilihan propinsi,saya lihat ada kesalahan untuk ongkos kirimnya.
    Tks

  41. mas putu, saya menginstal wpe indoshipping terbaru di web saya.
    setelah saya coba, kok ndak keluar harga shippingnya ya? padahal propinsi dan kota sudah saya pilih..
    lalu ada jeda jarak cukup panjang hingga hampir 1 layar antara menu dropdown shipping dengan tabel isian biodata billing dan shipping.
    dimana kelirunya saya? ditunggu jawabnnya…thx. ^_^

  42. secara pribadi saya mengucapkan terimakasih untuk pluginnya mas, ini yang saya butuhkan untuk toko saya, karena biasanya saya harus repot membalas SMS yang isinya hanya menanyakan masalah ongkos kirim, tapi dengan plugin ini sekarang customer maupun saya sendiri tidak perlu direpotkan dengan hal yang berbau ongkos kirim lagi … untuk versi yang pro sebenarnya bagus juga sih, tapi mungkin saya belum butuh … btwm punya plugin untuk toko online affiliasi gak mas?? heheheh …

    • @evan : senang sekali mendengar plugin ini bisa berguna buat yang memerlukannya..
      Kalau untuk yang PRO perbedaannya adalah di cara penggunaan di bagian adminnya, dipermudah dengan interface yang lebih baik plus beberapa fitur yang mungkin berguna buat penggunanya.

      Untuk membuat plugin yang lain(ex. affiliasi dll), sebenarnya kepengen tapi saya masih kebentur sama waktu dan kerjaan juga, padahal develop plugin untuk WP itu menyenangkan apalagi bisa berguna buat orang lain.

      coba di cari cari dulu mas, soalnya banyak sekali plugin affiliasi yg beredar, sapa tau ada yg cocok buat toko online nya.. :-)

  43. Terimakasih buat karyanya, mas Evan. Berguna sekali.
    Kalau boleh bertanya, apakah plugin tersebut juga akan menghitung secara total berat barang yang dipesan dan mengonversikannya ke biaya pengiriman total.

    Maksud saya, bila seseorang membeli dua produk yang masing-masing berbobot 2 dan 3 kg, apakah plugin secara otomatis akan menghitungnya jadi total 5 kilogram dan mengonversinya ke biaya pengiriman total?

    Terimakasih yah, mas Evan.

  44. Wah Hebat Betul mas Eka, dah jalan Nih.. , Salam Kenal ya. tapi di web saya tampilan kotak JNE shippingnya Ratenya kepanjangan.. sampai menembus right sidebar.. sdh saya atur di CSS tapi masih tetap tembus. kira-kira apanya ya mas ? apa saya salah scriptnya

  45. salam kenal bli… mau tanya,
    waktu pasang plugin wp e-commerce seri terbaru dan setelah di aktifkan keluar tulisan “The uploaded file could not be moved to /home/……….., itu kenapa ya bli ? mohon pencerahannya.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  46. Mas, keren plugin nya. Cuman ini saya bingung, ada kota tujuannya aja. Kota asal pengirimannya ini dari mana ??? Kebetulan posisi saya di jakarta dan bandung.

  47. @Antok : sepertinya itu problem di server nya bli, mungkin ada file permission tidak mengijinkan untuk mengcopy file. karena pada dasarnya, saat menginstall plugin/theme wordpress menguploadnya terlebih dahulu dan memindahkannya ke folder plugin/theme. mungkin foldernya read only sehingga WP tidak bisa memindahkan file nya.

    @Steven : He2 kota asalnya adalah kota asal mas akan melakukkan pengiriman. Misal mas dari bandung, maka tinggal ubah aja nilai ongkir nya untuk dari bandung ke seluruh Indonesia.

  48. Mas Eka, tks atas share ilmunya . sy sdh cb upload plugin Shipping anda + wp-ecommercenya (versi terakhir) . permlshannya adalah pada METODE PEMBAYARANnya apa cuma bisanya pakai media online seperti PAYPAL dll , apakah kalo menggunakan transfer BANK lokal seperti BCA, BNI dll (indonesia) tidak bisa? atau memang ada settingnya sendiri…Mohon bantuan jawabannya tks sekali.sy tunggu
    ( link sy di http://yunianto.com/tokoherbal )

  49. 1 lg mas, sy sudah set ke IDR price nya. tp pada saat PURCHASE ke paypal kok nggk auto convert ke $ ya , misal harga IDR 27.000 pas goto ke Paypal ready to pay kok tetap $27.000 ya
    - terus nggk ada konfirmasi purchase ke email yg kita orderkan ya
    tks atas jawabannya

  50. Mas Eka, tks atas share ilmunya . sy sdh cb upload plugin Shipping anda + wp-ecommercenya (versi terakhir) . permlshannya adalah pada METODE PEMBAYARANnya apa cuma bisanya pakai media online seperti PAYPAL dll , apakah kalo menggunakan transfer BANK lokal seperti BCA, BNI dll (indonesia) tidak bisa? atau memang ada settingnya sendiri…Mohon bantuan jawabannya tks sekali.sy tunggu >>>> heheheh utk yg ini sudah ketemu sendiri jawabnannya system gateway…..maaf & trmksh utk yg kedua belum …thx

  51. Dear Mas Eka,

    Mas, saya sekarang menggunakan e-Commerce v3.8.7.1 dan menggunakan WPE Indoshipping Version 1.3.1. Namun sepertinya ada bug saat checkout order, jadi bagi pembeli yang tidak memilih kota tujuan, maka biaya pengiriman adalah 0.

    Kalau ingin menambahkan validasi kota tujuan harus dipilih terlebih dahulu bagaimana ya mas ? Terima kasih :)

  52. @DEWANGGA BACHRUL ALAM

    Betul sekali, plugin ini memang tidak memvalidasi apakah customer memilih metode pembayaran apa tidak. Dan saya pun sempat berfikir seperti itu, namun karena selama ini tidak ada yang menginformasikan permasalahan seperti punyanya mas, jadi saya anggap customer selalu akan mengecek ongkos kirim.

    Untuk solusi nya, dengan sedikit kode Javascript bisa dilakukkan mas.

  53. Kalo boleh tau, kode javascript yg bagaimana pak? Mungkin kah kira2 kode ini di release pada versi berikutnya? Jadi fungsi validasi bisa di aktifkn bisa tidak. Mohon bantuannya ya pak :)

    • @Dewangga

      Untuk sementara bisa dipasang code berikut ini di theme nya :
      Catatan : pasang code nya tepat sebelum tag </head>, biasanya pada file header.php di theme nya
      Code :

      jQuery(document).ready(function($){
      $('.make_purchase').click(function(){
      var prov = $('#sel_propinsi').val();
      var kota = $('#sel_kota').val();
      if(prov == 0 || kota == 0){
      alert('Anda belum memilih tujuan pengiriman!');
      return false;
      }
      });
      });

      Silahkan dicoba dulu, nanti kalau ga mau bisa jalan info saya kembali.

  54. Kode tersebut sudah saya letakkan pada file header.php dan berada di antara tag dan . Namun masih tetap belum bisa memvalidasi pembeli yang tidak memilih kota tujuan.

    Itu tinggal menambahkan .. code .. kan pak?

    • Bisa kasi snipet lengkap header.php ga mas? saya juga harus cek kode diatasnya (diatas kode JS itu) untuk pastiin jquery diload.
      pake pastebin aja kyk kemarin juga ok, kalo disini tag html di strip sm wp nya.

    • @Dewangga :
      Saya sudah cek snippetnya mas, sepertinya tidak ada masalah, sayangnya saya tidak bisa cek secara langsung karena mas masih kerja di localhost.
      kalau mas bisa online kan sebentar, bisa langsung saya cek dan liat dimana masalahnya..

  55. @Dewangga :

    Sudah saya cek mas, pantesan ga mau, system checkoutnya bukan seperti biasanya, code JS yang saya kasi itu pastinya tidak mau jalan.

    untuk membuatnya memvalidasi ongkir, mas perlu menambahkan/memodifikasi salah satu file Js di themenya. karena path file js tersebut tidak kelihatan dari source browser, saya belum bisa memberitahu file js yg mana. maka saya perlu login ke admin wp nya untuk memodif langsung file tersebut. itupun kalau diijinkan :D

  56. file yg di mana mas ? apa perlu saya kirim by email saja file themesnya ? kemudian nanti tinggal di notes changeslog nya. nuhun.

  57. hello mas. saya sudah coba integrasikan di localhost, tapi kalkulasi nggak keluar.
    trus di comment admin plugin nya tertulis

    “The following shipping modules all need cURL which is not installed on this server, you may need to contact your web hosting provider to get it set up.”

    atau harus diinstall di hosting online dl ya

    • @andri :
      apakah pesan itu muncul setelah mengaktifkan plugin saya?
      kalau ada permintaan cURL, itu pasti PHP nya yang mungkin ekstensi cURL nya tidak diaktifkan, tolong diaktifkan dulu mas.

      untuk mencoba nya tidak perlu online dulu, saya pun developnya di localhost.

      untuk development di localhost coba pake ini http://www.apachefriends.org/en/xampp.html, simple dan cocok untuk testing2 di localhost.

  58. @andri

    itu xampp / wamp nya ga support sama cURL mas, sy juga pernah di kasus lain seperti itu pas di install di webhost jadi bener..

  59. swastyastu pak eka ..
    saya pakai plugin ini di wp e commerce untuk client saya neh cuman themes nya sangat berpengaruh. kadang ga mau aktip di themes 2 yang premium seperti themes templatic .

    ada solusi lain pak tu ?
    salam dari anak bali pecinta web developer :d

    • Swastyastu juga bli Oka,

      memang benar sekali, theme sangatlah berpengaruh. karena untuk menampilkan 2 select box itu syaratnya adalah harus menggunakan theme default dari wp-ecommerce itu sendiri, yang mana pada kebanyakan theme commercial bagian checkout ini dibuat custom sesuai dengan design mereka, maka plugin ini tidak akan bekerja.

      sebenarnya, sudah sejak lama ingin mencarikan solusi untuk masalah itu, tapi selalu saja kebentur masalah waktu (sok sibuk mode on…) :D. jadi mungkin untuk sementara memang hanya bisa support di default wp-ecommerce saja, ada yang bisa bantu mungkin? biar plugin ini jadi lebih baik dan penggunaanya lebih luas, sumbangan ide dan bantuannya akan sangat di butuhkan sekali.

      jadi, maaf sekali bli Oka, belum bisa mencarikan solusi lain untuk masalah ini untuk sekarang.

      salam…

  60. saya mencoba2 seh bli eka ngutak atik script nya ini cuman iya memang dari premium themes nya dibuat sesuai dengan custum mereka . saya akan coba juga untuk memodif isi dari themes premium untuk bisa membuat plugin ini bisa berjalan ..

    suksma bli eka ..

  61. iya bli, sebenarnya yg diedit cuman bagian checkout nya aja, bahkan di bagian display shipping nya, sesuaikan aja sama default nya sama aslinya wp-ecommerce, sepertinya mau jalan :)

    selamat mencoba…

    • @Fanoy: biasanya kalau shipping tidak muncul karena berat untuk setiap produk belum di set, plugin ini menghitung biata shipping berdasarkan berat produk.
      atau, misalkan berat sudah diset tetapi tidak muncul juga, kemungkinan lain adalah plugin ini tidak kompatibel dengan theme tersebut karena theme tersebut sudah di customisasi.

  62. Untuk yang punya themes WP yang cocok dengan wpecommerce dan plugin ini, bolehkah di share disini. Theme yg direkomendasikan apa saja ya??

    *Plugin yg sangat berguna buat saya pribadi, saya angkat topi untuk Bli Eka :)
    page ini pasti bakal banyak yg datengin, terimakasih atas kerja kerasnya dan pluginnya sudah digratiskan.

    Salam.

    • Terima kasih mas fauzi,

      Yap silahkan informasikan ke temen-temen yang lain mana theme yang cocok dan mana yang tidak.
      Itu akan sangat membantu sekali pengguna plugin ini untuk mencari theme yang cocok.

  63. perlu dicoba nich Bli,
    semoga selalu update mengikuti perkembangan WP E-COMMERCE.

    kalo saya nggak pakai plugin WP E-COMMERCE Bli tapi plugin Eshop.
    lebih ringan sich dari WP E-COMMERCE

  64. Mas, terima kasih plugin-nya… bagus banget.

    Mau repotin lagi nich, bagaimana cara agar saya dapat memberikan alternatif kepada pelanggan, misalnya pilihan untuk kecepatan pengiriman OKE, REG, YES?

    atau Pilihan JNE, TIKI, Pos, dll?

    Salam

  65. Bli…itu kok tarif masih nol ya, meski propinsi dan kabupaten sudah tampil di check out. Coba theme di ganti default wp juga masih tak jalan. Apakah karena saya pakai WP 1.3.1 atau wpcomerce 3.8.7.3 sehingga ndak kompatibel??

    Makasih sebelumnya bli

    • @Iqbal : sayang sekali plugin ini baik yang Free/ Pro belum terdapat fitur tersebut, namun bisa diakali dengan cara berikut:
      karena struktur datanya hanya sederhana seperti ini:
      - Provinsi A > kota A=10000, Kota B=20000, Kota C=15000
      bisa dirubah menjadi seperti ini:
      -Provinsi A > Kota A (Reg)=10000, Kota A (Oke)=15000, Kota A (Yes)=20000, Kota B (Reg)=10000, Kota B (Oke)=15000, Kota B (Yes)=20000,

      Nb: Buatlah kota yang sama tetapi dengan label berbeda(misal: Reg untuk reguler, Oke untuk OKE dll, bahkan bisa buat Cod untuk cara COD)

      kalau saya memiliki cukup waktu, fitur ini akan saya tambahkan.

      @ Gustom dan temen2 lain yang punya masalah sama : Pastikan berat produk di set terlebih dahulu.

      @Cindrie: cek lagi ya.. sepertinya link nya ga ada msalah.. hosted di wordpress

  66. pertama, makasih pluginnya. saya udah coba dan sukses.

    tpi,waktu saya coba dengan quantity produk lebih dari satu, kok cost pengiriman masih tetap untuk satu barang aja ya. apa ini error dari wp saya atau emang belum support banyak quantity.

    tq n salam sukses :)

  67. tolong bantu saya dong….masalah saya sama dengan @Gustom, saya edit berat di product page, tapi total shipping masih nol. Settingannya dimana ya?? makasih sebelumnya

  68. Siang gan, Sebelumnya terima kasih atas Partisipasi Pluginya :)
    Btw saya sudah coba plugin ini, instalasi tidak ada masalah..
    Tapi kenapa ya pas bagian Checkout, 2 dinamic dropdown tidak muncul…
    malah jadi berantakan Displaynya..

    Minta pencerahannya Gan..

    Thanks..

    • Kalau sampai dropdown tidak muncul dan tampilan jadi berantakan, bisa dipastikan plugin ini tidak kompatibel dengan theme tersebut mas.

  69. gan, dropdown nya sekarang dah muncul, cuman sekarang problemnya :
    ketika pilih provinsi, data kotanya ga ke load.. itu kenapa ya..?

    Terimakasih sebelumnya..

    • @Newbie WP : coba kasi linknya gan, coba saya cek langsung.. agak susah trouble shoot kalau ga liat langsung gan..

      @dexsjan : Thanks bro, ayo maju sama-sama…

  70. Saya coba pake plugin ini… shipping sudah aktif, ketika checkout ada pilihan propinsi dan kota tujuan pengiriman… Tapi masalah nya, pada saat lanjut checkout, total shipping nya ko tetep 0 yah… bukankah itu harusnya sesuai dengan kota tujuan. Tolong bagaimana solusi nya.

    Thx

  71. sy baru sj mencoba WP-E-commerce Indoshipping plugin dan mengalami hal yg sama dgn bpk Ferdy Setiady. Total shipping tetap menunjukkan 0.

    Thanks anyway :) nice Job^^ bravo bwt karya putra Indonesia!

    • @Herdin : tolong pastikan setiap produk sudah diset beratnya mas.. ini sangat penting, tanpa berat produk plugin ini tidak akan bisa mnghitung ongkir dengan akurat.
      Sebenarnya banyak yang mengalami problem yang sama, saya sudah jawab beberapa kali di komen2 sebelumnya, saya akan buatkan FAQ nya ya.. :D

  72. Sama kasus yang diatas Pak, total shipping nya menunjukkan angka “0″,padahal saya juga uda masukkan berat dari tiap produk, apa ada yg kurang settingannya Pak?

    • @Oka Saja: coba cek variasi produk nya mas, sepertinya kalau mas set variasi produk juga harus set beratnya, sepertinya dulu kasus seperti ini pernah terjadi di pengguna lain.

  73. Pingback: Indoshipping Plugins Wordpress | Blockade Cilacap City

  74. Mas saya coba keluar error :

    Fatal error: Call to a member function getQuote() on a non-object in C:wampwwwwordpresswp-contentpluginswp-e-commercewpsc-includescart.class.php on line 739

    Saya pakai WordPress 3.3.2 dan Wp-Ecommerce 3.8.8
    Mohon bantuannya,,

    Terima Kasih

  75. salam kenal mas, saya mau tanya, bagai mana cara nambah Rupiah(Rp) di Woocommerce versi woocommerce.1.5.4. mohon bantuannya, saya dapat tugas dari sekolah….
    sebelumnya terimakasih…….

  76. Halo mas Eka Putra, saya boleh minta plugin versi yang lama ga? Soalnya versi wp saya masih yang lama… Matur nuwun nggih…

  77. Mas Eka, saya mau bertanya.
    pertama, Saya sudah menggunakan WPEnya dan berhasil keluar ongkirnya, hanya saja tampilan daerahnya tidak beraturan. gimana ya cara untuk tampilannya berupa scroll bar saja agak terlihat rapi?

    Kedua, Saya tertarik menggunakan WPE Pro nya tapi ingin tahu dulu apa saja keunggulan dan perbedaannya yg mas…? bisa tolong di berikan screenshotnya mungkin via email saja…

    Terima kasih

  78. Mas, Saya Sudah coba pake wpe indoshipping, dan setting sesuai dengan yang dijelaskan di atas, tapi tidak keluar pilihan daerah pengiriman dll.
    Saya menggunakan WP E-commerce 3.8.8.3 dan WPE Indoshipping 1.3.1
    Terimakasih

  79. Minat banget Kang, kebetulan lagi baru mau nyoba Jualan Online, masih sambil belajar juga soalnya jadi agak lama Onlinenya. Sebelumnya saya mau konfirmasi dulu, saya menggunakan Theme Bangkoo dari Tokokoo.Com. Kebetulan Theme tersebut buatan Akang-akang yang ada di Bandung. Kira-kira akan berjalan normal ngga ya Kang? plugin wp e-Commerce saya sudah 3.8+ Hatur Nuhun

    • silahkan di share gan, sudah ada yg coba..
      tapi sukses tidak nya tergantung themes yang dipakai, jadi paling enak coba dulu gan..

  80. mas aku kan udah terinstale wpecommerce indoshippingnya,…. tapi setelah aku klik seting kok gk keluar yah store setingnya..

    mohon bantuannya… terima kasih

    • @sigit: apa plugin nya sudah akti mas? dipastikan pluginnya aktif dulu untuk melihat settingannya.
      settingannya bukan di setting nya wordpress tapi di settingnya wp-ecommerce bagian shipping nya.

  81. mas eka salam kenal, saya sangat tertarik dan ingin menggunakan kalkulasi pengiriman tersebut. saya menggunakan wpe yang saya beli melalui website beberapa hari lalu, dan saya mencoba untuk install plugin tersebut, namun setting untuk plugin tersebut di menu wp-e comerce tidak tampil. mohon pencerahannya untuk hal tersebut.

  82. mas.. saya ga tau ini bug dari plugin atau wp ecommerce nya.
    saya coba untuk checkout tanpa mengisi shiping dan ternyata bisa di proses. biasanya kan klo shipping tidak diisi maka tidak bisa di proses sebelum diisi.

    ini kenapa yah? apa ada settingan lain

    terima kasih

  83. Gan ini WPE indoshipping kok g muncul daftar harganya ya..
    Di Wp Ecommerce–>editor–>shipping sudah saya centang..
    di menu Plugin–>editor–>daerah.db.php kok tulisannya non aktif..

  84. kalau untuk shipping pengiriman logistic bisa tidak ya? karena di wp saya tidak menggunakan wp-ecommerce, tapi ingin menampilkan rincian perhitungan pengiriman domestik….namun jika yg bisa mengakomodir kebutuhan itu ada di versi pro, saya akan senang sekali untuk menggunakannya.

    Terima kasih

  85. bro saya menggunakan WP E-Commerce 3.8.9.5 dan WPE-Indoshipping.2.0.0 pada saat akan setting shipping muncul pesan error :

    Warning: include(admin/admin-functions.php): failed to open stream: No such file or directory in C:xampphtdocswordpresswp-contentpluginswpe-indoshippingadminadmin.php on line 5

    Warning: include(): Failed opening ‘admin/admin-functions.php’ for inclusion (include_path=’.;C:xamppphpPEAR’) in C:xampphtdocswordpresswp-contentpluginswpe-indoshippingadminadmin.php on line 5

    mohon cara mengatasi error tersebut. thx bro

  86. gan, saya baru buat website toko online berbasis Framework CodeIgniter. bisa minta tlg gan dibuatkan script semacam plugin wp ini yg kompatibel buat website saya?

    • @firmahn: Wah kalau udah biasa maen PHP apalagi Codeigniter bikin system kayak gini kan gampang mas. Tinggal siapin data ongkir saja.
      Tapi kalau saya yang diminta khusus bikinin, itu lain lagi bisnis nya mas. :D langsung aja PM saya kalau tertarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>