WP-JNE Shipping

WP-JNE Shipping ini adalah sebuah plugin WordPress sederhana yang bisa digunakan untuk menampilkan daftar harga ongkos kirim dengan JNE dari Bali ke seluruh Indonesia.

Cara kerjanya juga sangat sederhana dan tidak menggunakan database sama sekali, jadi saya yakin akan lebih cepat.

Plugin ini secara default akan menampilkan daftar harga pengiriman menggunakan JNE dari Denpasar ke seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Pasti ada yang bertanya, bagamana kalau saya dari luar denpasar? apa masih bisa menggunakan plugin ini? Pasti bisa, bahkan dengan sedikit modifikasi anda bisa menggunakannya untuk daftar biaya jasa pengiriman lain selain JNE.

DEMO

 Loading...
Silahkan pilih Provinsi tujuan.

FITUR

  • Menampilkan daftar harga dalam bentuk tabel sesuai dengan Provinsi yang dipilih
  • Menggunakan Ajax, sehingga akan menambah kenyamanan pengunjung website anda ketika sedang cek daftar harga.
  • Daftar harga bisa dirubah dengan meng-edit file pada direktori plugin.

INSTALASI

  1. Silahkan upload file wp-jneshipping.zip plugin ini melalui plugin installer di admin WordPress anda.
  2. Bagi anda yang menggunakan FTP, silahkan extract dulu file ZIP tersebut, dan upload folder wp-jneshipping beserta seluruh isinya ke direktori “wp-content/plugins/”.
  3. Aktifkan plugin ini melalui plugin admin panel.

PENGGUNAAN

Untuk mulai menggunakan plugin ini, buatlah sebuah halaman baru untuk menyajikan daftar harga pengiriman ini. Bisa juga pada halaman yang sudah anda buat sebelumnya.

Pada tempat dimana anda menginginkan aplikasi daftar harga ini muncul, tambahkan kode berikut :

[ wp-jne]

Screenshot pemasangan pada Backend:

Screenshot plugin dari frontend:

CUSTOMISASI & GANTI HARGA

Untuk melakukkan perubahan terhadap tampilan aplikasi ini, anda bisa edit wp-jne-style.css di direktori plugin ini.

Untuk mengganti harga, buka file wp-jne-db.php di direktori plugin inidengan text editor, setelah itu edit harganya.

Berikut screenshotnya :

Download

https://dl.dropboxusercontent.com/u/40229563/wp-jneshipping.zip

90 thoughts on “WP-JNE Shipping

  1. Pingback: Plugin WordPress daftar ongkos kirim via JNE dari Denpasar | Bali WordPress Designer Blog

  2. terima kasih sob,,, btw,,,bisa di-integrasikan dengan WP-ecommerce kan..??? krn saya br bikin Toko Online dan mau menambahkan daftar ongkos kirim… yang belum sih Katalog…hehehe….

    silakan kunjungi lapak saya: sitoz[dot]com

    terima kasih

    • @Sitoz.com, untuk sementara sih plugin ini bisa dipakai untuk semua web berbasis wordpress. Karena plugin ini hanya berfungsi untuk menampilkan ongkos kirim. Namun maksud Sitoz integrasi itu seperti apa? kalau hanya untuk menampilkan daftar ongkos kirim bisa, tetapi kalau diintegrasikan dengan system chekoutnya trus otomatis menghitung total harga+ongkir belum bisa, karena memang belum dikembangkan sejauh itu. thanks

  3. semoga semua calon jamaah haji bisa menjalankan sunnah dan kewajiban haji, mendulang banyak pahala dan pulang membawa haji mabrur dengan keshalehan pribadi yang membias pada keshalehan sosial

  4. Bung Eka, boleh minta script php-nya utk dipakai di situs yg bukan wp?
    mau mencoba mengintegrasikan ke halaman checkout. mau utak-utik yg versi wp ini, tapi blum bisa karena pengetahuan php pas2an. hehe..
    terimakasih sebelumnya..

  5. Keren. Kok enggak di upload di worpress.org aja pluginnya ?
    Btw, Ngakalin nya gimana ya biar bisa terintegrasi sama halaman chekout wp-Ecommerce.
    Btw lagi, saya salut sama bli Eka Putra.
    Klo ketemu saya bakal sujud nyembah situ 1000x.
    Hahahaha.. :oops:

  6. Pingback: Plugin Shipping Indonesia untuk WP E-Commerce | WordPress development blog

  7. Buat Prend semua nya, sekarang plugin shipping untuk Indonesia sudah tersedia, silahkan dicoba ya.

    Plugin ini bisa langsung terintegrasi dengan WP E-commerce, semoga membantu.

  8. keren banget bro pluginnya:)

    cuma memang susah ya kalo auto-update/streaming harga terkininya langsung dari tikijne supaya ga repot ganti2 harga secara manual?

    • Betul sekali bro, tapi kalau TIKI / JNE menyediakan sebuah API untuk kita bisa konek ke DB nya mereka dan bisa streaming harga terbaru dari mereka kayaknya keren juga. Kalau itu ada pasti sudah saya coba bro.

      Namun selain pertimbangan itu, pasti saya yakin juga teman2 tidak semuanya menginginkan memakai harga standar mereka, pasti ada juga yang ingin setup harga mereka sendiri. Makanya untuk sementara saya masih pake manual aja. :-)

    • @nophie

      Untuk plugin ini memang sengaja saya tidak bikinkan versi widgetnya karena kalau dilihat dari ukuran output plugin ini sepertinya tidak akan muat kalau ditaruh di sidebar. Jadi hanya tersedia di post/page saja.

      namun kalau mau memasangnya di sidebar, silahkan download versi terbaru V1.0.1, adalah versi yang saya release setelah melakukkan sedikit perubahan supaya bisa ditampilkan di sidebar. Memang bukan berupa widget, tetapi dengan menambahkan code sederhana di file sidebar anda, maka form ongkir akan muncul.

      codenya <?php echo wp_jne_showform();?>

    • Tolong link website nya mas.. kalo ga mau publish disini bisa email langsung ke ekaputra@balitechy.com. nanti coba saya cek dmana masalahnya.

      Tapi sebelumnya pastikan bahwa Shipping sudah di enable di bagian setting wp e-commerce, set berat produk, pastikan juga javascript browser anda enable.
      dan theme yang anda gunakan pastikan ada code wp_head() di bagian header nya, karena plugin ini tergantung sekali sama javascript.

  9. Jika menggunakan code php yang saya letakkan di single.php semua berjalan lancar.

    Tapi mengapa saat saya memasang shortcode [wp-jne] di Page, si plugin tidak mau loading saat saya click daerah tujuan ? dia diam saja. Permasalahannya ada dimana ya mas, Eka ?
    Thanks.

  10. Oh.. ternyata [wp-jne] di Page, hanya berjalan saat saya connect internet. Saat saya mencobanya di offline localhost tadi gak bisa sih.
    == Problem Solved. ==

    • Hal ini mungkin terjadi apabila, theme nya mas menggunakan repositori Jquery yang di hosting di Google, yg pastinya hanya bisa diakses ketika online saja.

      Dimana plugin ini sendiri sangat tergantung sekali sama Jquery, jadi tanpa itu pasti ga jalan.

  11. Barusan saya menemukan pesan eror ini setelah meng-aktifkan plugin WP-JNE Shipping :

    The plugin generated 4 characters of unexpected output during activation. If you notice “headers already sent” messages, problems with syndication feeds or other issues, try deactivating or removing this plugin.

  12. Mas mau tanya :) file ini kalau dijalanin diluar wordpress tulisannya Please do not access this file directly. Thanks!, bisa gak dipakai buat joomla atau buat di direct, saya lihat seperti di kartunama.net keren

  13. Maaf, saya hanya ingin menginformasikan saja, kalau utk joomla, shipping JNE bisa menggunakan Shipping For Virtuemart (JNE) components. Infonya disini [ hxxp://www.okbisnis.com/automatic-shipping-jne-for-vm-all-version ]

  14. @Dijual : untuk plugin JNE Shipping ini sebenarnya bisa dipakai dimana aja asalkan berbasis WP. karena hanya bersifat menampilkan data saja, tidak ada integrasi dengan plugin lainnya.

    lain dengan plugin WP saya yg lainnya yaitu WP Ecommerce indoshipping yang khusus untuk dipadukan dengan dengan plugin WP Ecommerce.

  15. @Dede:

    Linknya sudah saya hilangkan, karena kemarin baru pindah server.
    belum sempat setup demo lagi.

    Tapi Pluginnya saya pasang langsung disini, bisa dilihat demonya di bagian awal halaman ini :D

  16. Maaf mau tanya2…
    Kalo misalnya pluginnya di kompatibelkan dengan plugin YAK for WordPress biar otomatis update Sub Total Harga dengan Ongkos kirimnya bisa ga mas??
    Kalo bisa di modifikasi, PM saya harganya yakk…
    THanks

    • @Jakysan Dofollow & Dody:
      Hmm.. wah begitu banyak permintaan untuk diintegrasikan dengan plugin bahkan system yang lain. sayang nya satu pun belum bisa saya penuhi sampai sekarang, masalahnya ketidak tersediaanya cukup waktu buat saya untuk membuatnya. Saya berharap banyak teman teman developer yang lain yang mau melirik membantu/memberikan sesuatu buat para penggiat toko online di Indonesia ini.

  17. masalahnya, gimana kalau JNE meng-update ongkos kirim mereka ?
    misal yang tadinya 20000 jadi 22000 , kan jadi kurang 2ribu tuh ?
    atau sebaliknya jadi 18000 kan jadi kelebihan 2ribu ?

    kalau kelebihan si bisa dibalikin ke pembeli.
    nah kalau kekurangan, apa pembeli mau tu nambahin ?

    • Plugin ini tidak ada menjanjikan bahwa ongkos shipping akan harus 100% sesuai harga JNE, tergantung si pemakai mau nya diset seperti apa.
      karena ini hanya berfungsi untuk menampilkan daftar harga, mau harga dari JNE, TIKI, POS dll dengan Data yang diinput sendiri oleh pemakai..
      plugin ini juga tidak melakukkan koneksi langsung dengan JNE juga,ada plugin lain yang bisa melakukkan itu..
      jadi kalau ga mau terjadi kasus seperti di atas, maka mas harus rajin-rajin update harga..

  18. Gan, saya sebelumnya aku pake WPE Indoshipping. mantap banget. :D
    terus aku coba pake WP JNE Shipping. tapi kenapa kalo aku aktifkan, WPE Indo shipping jadi nda bisa keluar kotanya ya? cuma propinsi aja. tapi kalo aku nonaktifkan WPE Indo Shipping bisa jalan normal. :)

  19. Dear Mas Eka
    Orang Baik (yg telah membuat plugin free version, semoga dapat amalannya)

    Yang ingin saya tanyakan adalah, apa ada trik khusus jika kita pakai wp ecommerce nya ‘cart66′ ? integrasi dll nya.
    Siapa tau sdh pernah di coba mhn infonya,

    Thanks

    7jibril

  20. Saya ingin tanya untuk virtuemart v2 di joomla(2.5) untuk membuat JNE SHIPPING bagai mana ya? mohon bantunya.
    Aku punya dua masalah:

    1. Saya menggunakan Joomla 2.5 dan Virtuemart 2.0.6 dengan “VM – Pengiriman, Dengan berat badan, ZIP dan negara-negara” Plugin. Toko online saya hanya menjual produk-produk untuk pelanggan lokal dan tidak perlu tarif pengiriman Internasional, saya tahu apa yang harus dilakukan. Tapi karena ada banyak kota dengan biaya pengiriman yang berbeda, saya harus membuat banyak metode pengiriman dan menambahkan masing-masing kota untuk daftar saya.

    Masalahnya adalah: Saya tidak bisa beberapa berat untuk setiap metode. Saya menetapkan standar 0.1kg – 1kg harga dasar untuk setiap metode. Jadi jika pelanggan membeli banyak produk dengan berat total lebih besar dari 1kg, metode pengiriman tidak bekerja. Apa yang harus saya lakukan? Tentu saja saya tidak dapat menciptakan metode pengiriman lebih untuk masing-masing kota untuk berat 1.1kg – 2kg, 2.1kg-3kg dan seterusnya, saya sudah memiliki 50 + + kota di daftar saya.

    2. Karena saya memiliki lebih dari 50 kota di daftar saya, halaman Shipment Pilih saya memiliki tombol radio daftar panjang. Saya ingin tahu cara membuat daftar drop-down untuk Pengirim untuk membuat halaman saya lebih cantik.

    • @Iqbal,

      sayang sekali saya tidak banyak pengalaman di Joomla, jadi belum bisa bantu banyak.
      kalau mas bisa main di PHP itu saya rasa tidak sulit untuk dilakukkan, seperti plugin jne-shipping saya ini.
      hanya berdasarkan prinsip sederhana saja dan sedikit ajax bisa membuat nya kelihatan lebih baik.

  21. mas kalo mau ada promosi ongkir setting nya gmna ?

    misalnya setiap pembelian diatas 100.000 maka gratis ongkir untuk wilayah DKI Jakarta ,,,

    gmna mas settingannya ?

    • @nur, silahkan langsung dicoba dulu mbak, plugin ini sudah lama juga tidak di maintain. jadi belum sempet di test di 3.5.1. Tapi silahkan dicoba dulu mbak.

  22. Gan plugin nya ijin mendownload yah..
    kalo ada yang versi Pro nya biar memudahkan pengeditan ongkir dan bisa import dari excel akan lebih bagus nih hihihihi… ane siap membeli gan plugis nya kalo ada :)

  23. Gan,

    Thanks berat ya…Saya pake di WP 3.52, ok kok.

    Udah saya edit juga sesuai kebutuhan, dan mantap hasilnya.

    Terima kasih banyak ya…

    • apa code [wp-jne] sudah dipasang di page mas?

      [wp-jne] <== tanpa spasi

      Ini tidak bisa di tampilkan langsung di sidebar, hanya untuk di content saja mas, kalau mau panggil di theme atau sidebar, bisa pake code berikut:

      echo do_shortcode(‘[wp-jne]‘);

  24. Keren banget pluginnya, list ongkos kirimnya untuk 2013 sudah update belum pluginnya? kalau belum minta list ongkirnya dong, di email yah kalau ada, jd bisa edit data di pluginnya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>